Viral Kata Corona Ada dalam Ayat Alquran? Ini Penjelasannya

Viral Kata Corona Ada dalam Ayat Alquran? Ini Penjelasannya



Virus Corona (COVID-19) saat ini tengah mewabah hampir di seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Untuk mencegah penularan penyakit satu ini, pemerintah pun meminta masyarakat agar melakukan physical distancing dan work from home (WFH).

Namun tahukah Anda, kata mirip Corona ternyata juga tertulis dalam salah satu potongan ayat di Alquran? "Ada potongan ayat yang kalimatnya mirip kata QORONA وقرن yang artinya stay at home," kata Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia Ustadz Fauzan Amin,


وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ.........

Artinya: "Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah......"(QS. Al Ahzab:33).

Ihwal ayat dalam Al-Qur’an di atas sempat viral di berbagai platform media social. Akan tetapi, kata ustadz Fauzan, kata Qorona yang tertulis di dalam Alquran tersebut tidak ada kaitannya dengan pandemi COVID-19. Namun biasa digunakan untun tebak-tebakan bagi para santri yang sedang belajar Alquran.

"Tapi bagi adik-adik para penghafal Al-Qur’an atau latihan ketangkasan tebak-tebakan pakai ayat biasanya kita lakukan dengan santri. Saya pernah aktif jadi peserta musabaqoh Fahmil Quran Musabaqah Tilawatil Quran. Jadi, di antara latihannya agar peka dan cerdas mengingat ayat, yaitu melakukan 'metode cocoklogi'," terangnya.

Lebih lanjut ustadz Fauzan memberikan contoh, yaitu ketika berada di pantai kemudian melihat laut, maka langsung ingat ayat Allah

وترى الفلك مواخر فيه...

Kau lihat bahtera berlayar di laut

Saat lihat gunung langsung ingat ayat

وترى الجبال تحسبها جامدة وهى تمر مر السحاب

Kau kira gunung itu diam, padahal gunung bergerak (fakta ilmuwan ternyata tanah itu terus bergerak tidak diam)

"Entah itu kebetulan atau bagaimana, yang pasti ayat itu secara ekplisit tidak terkait virus Corona. Akan tetapi berkaitan dengan perintah Allah kepada para istri-istri Nabi. Sekaligus jadi ibroh bagi wanita atau Muslimah," tuturnya.

Berikut ini adalah ayat lengkap dari Surah Al Ahzab ayat 33:

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ وَآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيراً

Artinya: "Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya,"

"Ayat itu menegaskan bahwa _ahlil bait_ keluarga Nabi adalah orang-orang suci. Maka perilaku mereka patut dijadikan contoh," terang ustadz Fauzan Amin.